Efek Penambahan Serat Polypropylene Terhadap Daya Lekat Dan Kuat Lentur Pada Rehabilitas Struktur Beton

BelajarSipil.com – Pada berbagai kasus perbaikan struktur, yaitu dengan menambah lapisan beton baru (overlay) sering mengalami kesulitan dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan sempitnya ruangan, sehingga penambahan beton baru dengan beton konvensional menjadi sulit untuk dipadatkan dan pada akhirnya tidak dapat menghasilkan kualitas yang optimal. Sebagai contoh : pekerjaan perbaikan lantai bangunan industri, kubah, pelapisan untuk fire protection, perbaikan aqueduct, composite metal decks, dan perbaikan struktur pasca gempa. Atas dasar berbagai pertimbangan di atas akan lebih menguntungkan apabila digunakan beton  yang mampu mengalir, memadat dan merata dengan memanfaatkan berat sendirinya self-compacting concrete (SCC).

uji kuat lentur

uji kuat lentur

Tidak hanya diperlukan beton yang mudah dikerjakan namun juga beton yang kuat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan sifat mekanik dari beton SCC, maka perlu ditambahkan serat atau sering disebut dengan beton berserat. Beton bertulang berserat (fibre reinforced concrete) didefinisikan sebagai bahan beton yang dibuat dari bahan campuran semen, agregat halus, agregat kasar, air dan sejumlah serat (fibre) yang tersebar secara acak dalam matriks campuran beton segar (Syafei Amri, 2005:231).

Dalam aplikasinya, beton berserat lebih banyak digunakan sebagai elemen penahan beban lentur dibandingkan penahan akibat beban lainnnya. Hasil percobaan menunjukan peningkatan kuat lentur lebih tinggi dari pada kuat tekan atau kuat tarik belah. Serat yang digunakan pada penelitian ini adalah serat polypropylene, dengan penambahan jumlah serat berbagai varians, yaitu 0 kg/m3 , 1 kg/m3, 2 kg/m3 dan 3 kg/m3 yang dihitung berdasarkan volume beton.

Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai gaya geser secara berturut-turut sebesar 1,985 MPa, 1,704 MPa, 2,519 Mpa, dan 2,489 MPa, sedangkan untuk kuat lentur rata-ratanya secara berturut-turut sebesar 4,156 MPa , 4,988 MPa, 2,601 MPa, dan  2,543 MPa. Komposisi yang paling optimum tercapai saat penambahan serat polypropylene sebesar 1 kg/m3 karena dapat meningkatkan kuat lentur sebesar 20,09 %.

Baca selangkapnya : Efek Penambahan Serat Polypropylene Terhadap Daya Lekat Dan Kuat Lentur Pada Rehabilitas Struktur Beton

Facebook Comments
Scroll To Top