Jenaka Pro-WF : Kepedulian Untuk Indonesia

BelajarSipil.com – Banjir kini jadi hari raya baru untuk masyarakat Indonesia, hari raya yang tak mengenal apa agama yang dianut, juga tak megenal dari suku apa yang disapa. Ia bisa jadi sebuah musibah bersama, parahnya banyak yang memanfaatkannya untuk politisasi meraih simpati rakyat atau hanya sekedar menjatukan rival politiknya, ah mungkin saja bencana memang jadi lahan proyek paling empuk di negeri ini. Namun ternyata banjir tidak selalu mendatangkan petaka, beberapa orang yang memiliki jiwa kreatif justru menemukan peluang menarik, lihat saja bagaimana seorang tukang gerobak meraup rupiah dari jasa menyeberangkan motor. Inilah tipikal orang yang mampu memanfaatkan kondisi sulit menjadi peluang meraih pundi-pundi rupiah, namun keberadaannya tetap bermanfaat bagi orang lain.

Salah satu masalah terbesar saat banjir datang adalah sulitnya mendapatkan air bersih, bayangkan saja mulai dari sumur atau kran PDAM semua tergenang banjir, jangankan berpikir mendapatkan air untuk mandi, minum saja susuh. Permasalahan itulah yang disulap menjadi peluang oleh beberapa mahasiswa kreatif asal Undip Semarang. Mereka menciptakan inovasi penyaring air berbasiskan teknologi nano yang diberi nama Jenaka Pro-WF. Jenaka Pro-WF sendiri merupakan singkatan dari Jerami Nano Komposit Portable Water Filter.

<

p style=”text-align: justify”>Pagi ini, 2 Februari 2014, setelah sarapan pagi di Suday Market UNS, saya, Imam (Nasafor UNDIP), dan Amirza (Nano Club UNS), melakukan ujicoba Jenaka Pro-WF di UNS. Spot pengambilan sample kali ini adalah Saluran Drainase Fakultas Teknik UNS1 2 6 7 8

Pengujian yang kami lakukan cukup sederhana, memfilter air dengan Jenaka Pro-WF kemudian mambandingkan zat padatan yang terlarut didalam air sample menggunakan Total Dissolved Solid (TDS). Hasilnya cukup menggembirakan, awalnya sample memiliki kandungan padatan 350 ppm, setelah dilakukan penyaringan dengan menggunakan Janaka Pro-WF kandungan padatan pada sample berkurang derastis menjadi 122 ppm. Menurut Imam hasil ini belum maksimal karena alat yang kami gunakan merupakan alat yang biasa digunakan sebagai display saat pameran atau presentasi sehingga masih ada endapan dari pengujian-pengujian sebelumnya.

Kepedulian Untuk Indonesia

Jenaka Pro-WF merupakan karya anak bangsa Indonesia yang patut dacungi jempol, produk ini telah telah menjadi bukti betapa indahnya saat ilmu pengetahuan diberi sentuhan kreativitas serta kepakaan terhadap apa yang terjadi di lingkungan. Berawal dari kegelisahan hingga menjadi salah satu solusi untuk permasalahan bangsa. Imam menuturkan saat ini sedang mendapat pesanan dari PMI Semarang untuk mitigasi bencana banjir di Kabupaten Demak, tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai lebih dari 200 unit. Hadirnya alat ini memang belum memberikan kontribusi permasalah banjir tahunan, tapi paling tidak membantu korban banjir mandapatkan suplai air bersih yang didapatkan dari hasil penyaringan air banjir.

Semoga hadirnya Jenaka Pro-WF akan menginspirasi anak-anak bangsa untuk terus berinovasi, menjadi salah satu peletup semangat berkarya, semangat kepedulian, serta semangat optimisme untuk Indonesia yang lebih baik.

Untuk lebih detailnya tentang produk Jenaka Pro WF silahkan klik link berikut: JENAKA PRO-WF

Facebook Comments
Scroll To Top