Mikrohidro: Listrik dihasilkan oleh Energi Air.

http://staging.fajar.co.id/bisnisekonomi/__icsFiles/afieldfile/2013/09/28/as.jpg

http://staging.fajar.co.id

BelajarSipil.com – Pernahkah kamu melihat listrik yang dihasilkan oleh tenaga air? Kalo iya, seperti apakah bentuknya? Apakah airnya dialirkan untuk memutar turbin dan dari turbin itu dihasilkan listrik? Ya, seperti itulah kira-kria sedikit gambaran energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air. Air yang digunakan umumnya adalah air yang mengalir pada sungai atau air yang mengalir deras pada terjunan. Pada umumnya dapat atau tidak digunakannya tenaga air untuk menghasilkan listrik dipengaruhi oleh besar kecilnya debit air yang dihasilkan oleh aliran sungai/air.

Secara umum tenaga air ini dinamakan dengan energi air. Energi air adalah energi yang pada dasarnya memanfaatkan energi potensial gravitasi. Energi mekanik aliran air yang merupakan transformasi dari energi potensial gravitasi dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Umumnya turbin digunakan untuk membangkitkan energi listrik sedangkan kincir untuk pemanfaatan energi mekanik secara langsung dan dari energi mekanik tersebut dikonversi menjadi energi listrik. Untuk mendapatkan energi mekanik aliran air ini, perlu beda tinggi air yang diciptakan dengan menggunakan bendungan. Akan tetapi dalam menggerakkan kincir, aliran air pada sungai dapat dimanfaatkan ketika kecepatan alirannya memadai (anonim,2004).

http://darwin1797.files.wordpress.com/

http://darwin1797.files.wordpress.com/

Pemanfaatan energi air dalam skala kecil dapat berupa penerapan kincir air dan turbin. Dikenal ada tiga jenis kincir air berdasarkan sistem aliran airnya, yaitu : overshot, breast-shot, dan under-shot. Pada kincir overshot, air melalui atas kincir dan kincir berada di bawah aliran air. Air memutar kincir dan air jatuh ke permukaan lebih rendah. Kincir bergerak searah jarum jam. Pada kincir breast-shot, kincir diletakkan sejajar dengan aliran air sehingga air mengalir melalui tengah-tengah kincir. Air memutar kincir berlawanan dengan arah jarum jam. Pada kincir under-shot, posisi kincir air diletakkan agak ke atas dan sedikit menyentuh air. Aliran air yang menyentuh kincir menggerakkan kincir sehingga berlawanan arah dengan jarum jam. Pemanfaaan enegi listrik skala kecil dengan menggunakan turbin contohnya adalah mikrohidro.

Apa itu Mikrohidro? Kita bahas di postingan berikutnya. Nantikan ya, 😀

Facebook Comments
Scroll To Top